Home » » Es Pleret Unik Bogeman

Es Pleret Unik Bogeman


Para pembeli sedang mengantri pesanan es pleret

MAGELANG TENGAH - Minuman segar memang dicari oleh banyak orang untuk melepaskan dahaga saat panas terik matahari dan gerahnya udara perkotaan ini. Di kawasan kota, akhir-akhir ini memang banyak dijumpai penjual minuman es pleret dan es campur, mulai dari warung didalam kampung, PKL, depot, hingga restoran juga turut menyajikan minuman berbahan tepung beras ini. Namun, terdapat satu depot es pleret yang sudah berdiri sejak tahun 1999 silam dan hingga saat ini tetap ramai dikunjungi pembeli. Berikut laporannya. 

Saat siang hari, mulai jam istirahat antara pukul 11.00 hingga 15.00 wib, tempat ini selalu dipenuhi pembeli hingga sering kali depot berukuran 4x6 eter ini tak mampu menampung pembeli. Mayoritas pembeli disini memang dari kalangan pelajar, pasalnya harga aneka es pleret yang ditawarkan memang terkenal murah dan sesuai, antara Rp1.800 hingga Rp2.500/gelas saja.

Aneka es pleret dengan gula murni disuguhkan disini dengan bermacam-macam varian. Beberapa diantaranya, es pleret merah dengan sirup frambos, es pleret degan merah, es pleret degan roti coklat, es dawet pleret, es roti tape merah, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Siapa pemikiknya?

Depot es pleret yang terletak di jalan Sriwijaya, Kampung Bogeman ini adalah milik keluarga Yanto (50), warga RT06 RW07 Panjang Rejo, Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah. Setiap hari dia dibantu oleh Istri dan seorang anak perepuannya untuk melayani para pembeli.

Menurut cerita Yanto kepada seputar magelang, dia sudah berjualan es pleret lebih dari 13 tahun lamanya. Usaha minuman yang merupakan pendapatan tunggal keluarganya ini telah mengentaskan kewajibannya untuk menyekolahkan kedua putra-putrinya hingga lulus SMA. “Dari satu-satunya usaha ini lah kami bisa hidup kecukupan, anak pertama membantu orang tua jualan disini, kemudian anak kedua sekarang sudah bekerja di bidang otomotif,” katanya saat dijumpai di kiosnya.

Populer, dia membenarkan jika es pleret miliknya sudah dikenal hingga luar kota. “Iya mas, Alhamdulillah sudah dikenal banyak orang sampai luar kota, tempat ini dikenal dengan nama Es Pleret Unik Bogeman,” ucapnya sambil tersenyum.

Ketika ditanya kenapa es pleret miliknya harganya bisa semurah itu, dia menjelaskan jika itu merupakan konsep usaha sejak dahulu kala. “Ambil untung itu sedikit saja, tapi uangnya banyak yang berputar. Selain itu juga karena bahan-bahannya memang semua saya buat sendiri, seperti itu mas,” jelasnya.

Tak hanya menjual aneka minuman es pleret, di tepat ini juga menjual sirup-sirup campuran es pleret karya pemilik sendiri. Sirup itu dijual antara Rp10.000 hingga Rp13.000/botol. (eko)

0 komentar:

Posting Komentar

Labels