Home » » Pondok Sambal Cobek

Pondok Sambal Cobek



MAGELANG SELATAN
– Konsep memasak Live Cooking memang telah menjadi trendsetter dimana-mana. Saat ini telah banyak bermunculan warung makan maupun restaurant yang mengusung konsep unik tersebut. Belum lama ini, tepatnya bulan November 2011 lalu, di Magelang ada suatu tempat makan yang menggunakan konsep tersebut. Namanya Pondok Sambal Cobek, terletak di Jalan Patih Senopati (dekat rumah sakit Harapan).

Di tempat ini tersedia daging ayam, ikan, sayuran serta yang menjadi ciri khas adalah sambalnya. Ada 10 macam sambal, namun yang menjadi favorit adalah sambal tuk-tuk (khas Medan). Sambal tradisional ini berbahan sederhana saja, terdiri dari cabe merah yang fresh, ebi atau udang lembut, bawang merah, serta dituangkannya sedikit minyak goreng yang sudah dipanaskan, kemudian diuleg kasar. Munculnya bau yang sedap itu dari minyak goreng yang digunakan, karena minyak ini merupakan minyak bekas menggoreng daging ayam tadi, mengingat layaknya daging ayam digoreng dengan aneka bumbu.

Dengan konsep Live Cooking itu berarti bahwa konsumen tidak hanya bisa menikmati makanan yang dipesan, tetapi bisa sekaligus menikmati seni dari penyajian masakan yang berasal dari bahan-bahan yang berkualitas. Muhamad Rifai Sebayang, pemilik pondok sambal tersebut mengatakan. “Di mangelang ini banyak warung makan maupun restaurant yang tidak memperlihatkan proses memasak atau menghidangkan makanan yang dipesan. Mereka tinggal pesan saja dan tiba-tiba langsung jadi tanpa melihat prosesnya. Hal seperti itu jelas akan berpengaruh, apakah bahan yang digunakan berkualitas, fresh dan higienis,” katanya kepada seputar magelang.

Dirinya menyuguhkan proses memasak tersebut di depan, sehingga konsumen pasti akan melihatnya langsung. Konsumen juga tidak akan memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan pesanannya, karena tempat ini mengutamakan kecepatan memasak sang chef sekaligus pemilik yang sudah berpengalaman selama 5 tahun menjadi hibachi chef (masakan jepang) suatu hotel di Amerika.

Ayam goreng, kangkung blacan, nasi putih, sambal dabu-dabu
Sementara untuk sayurnya, yang menjadi favorit adalah kangkung belacan (blacan), berbahan terasi namun dalam bahasa melayu disebut blacan. Proses pembuatannya juga mudah. Tumis bawang merah dan putih, cabe merah, tomat dan terasi, masak hingga semua bahan layu, kemudian  angkat (sisihkan dari minyak), lalu tumbuk kasar dan tambahkan garam, gula secukupnya. Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah wangi masukan kangkung, masak hingga kangkung layu dan matang. Tak lama kemudian, bau sedap akan muncul dari tumisan kangkung itu dan pasti akan menggugah selera makan anda.

Sementara untuk sambalnya, takaran sambal yang dipesan dapat disesuaikan dengan selera anda. Beberapa aneka sambal yang disajikan diantaranya, sambal dabu-dabu, tomat, mentah, merah mentah, ijo goring, trasi mentah, trasi goreng, merah goreng dan merah rebus. Soal harga, anda tak perlu kawatir, semua sambal ini hanya seribu rupiah saja. Tak heran banyak  yang datang hanya untuk membeli sambalnya saja.

Nah, bagi anda pecinta kuliner, Pondok Sambal Cobek ini dapat dijadikan salah satu tempat hangout dan rujukan kuliner bagi pasangan muda-mudi maupun keluarga anda. (eko)

0 komentar:

Posting Komentar

Labels