Home » » Tahu Kupat Pak Pangat

Tahu Kupat Pak Pangat


MAGELANG SELATAN - Banyak warga dalam kota maupun luar kota mengatakan, kupat tahu Pak Pangat merupakan makanan khas Magelang. Pasalnya, sang pemilik, Supangat telah berjualan kupat tahu lebih dari 20 tahun yang lalu, yakni semenjak tahun 1989 silam.


Kepada seputar magelang, Ranto, salah seorang anak kedua Supangat dan merupakan generasi penerus,  menjelaskan, ayahnya memang sudah berjualan kupat tahu mulai tahun 1989. Kala itu sang ayah masih menggunakan gerobak keliling. "Bapak mulai berjualan itu tahun 1989, saat itu masih menggunakan gerobak dorong mengelilingi kampung-kampung," tutur Ranto yang juga ikut mengelola kedai ayahnya ini.


Sukses, dari gerobak menjadi warung semi permanen. Saat ini warung kupat tahu pak Pangat ini telah berubah menjadi warung makan permanen yang lebih rapi. Bahkan sudah terdapat 3 cabang. Kedai pertama di jalan Senopati dikelola anak keduanya bernama Karno, kedai kedua juga dijalan senopati (200 meter dari RS Harapan) yang dikelola oleh anak pertama bernama Karni, kemudian kedai ketiga terletak dijalan A Yani Kedungsari yang dikelola oleh seorang saudaranya.


Warung ini memang selalu ramai. Apalagi jika saat jam makan siang tiba. "Ramainya itu saat jam makan siang, antara jam 11 hingga jam 2 siang, dijamin selalu penuh dengan pengunjung," tutur warga Ngaglik, Kelurahan Jurangombo utara ini.


Apa Rahasianya? 


Ketika ditanya racikan seperti apa yang membedakan dengan kupat tahu lain, Karno mengatakan, yang membedakan kupat tahu racikan Pak Pangat dengan kupat tahu lainnya adalah pada bahan-bahan dan cara meraciknya. "Untuk kacang tanah yang digunakan sebagai bumbu kacang dalam 1 porsi, bapak memberikan 3x lebih banyak dibanding di tempat-tempat lain, sehingga rasanya lebih gurih dan mantep. Kemudian bumbu-bumbu  juga diuleg langsung dipiring sehingga tidak ada bumbu yang tertinggal di cobek, kemudian soal rasa yang khas, mungkin dikecapnya, soalnya kecap ini racikan sendiri menjadi rasanya sangat khas dan berbeda dengan kecap yang ada di pasaran," tuturnya kemarin.


Seputar magelang pun berkesempatan mencicipi makanan ini. Seporsi kupat tahu disini cukup komplit dibanding kupat tahu di tempat lain yang hanya berisi ketupat dan tahu saja. Pak Pangat melengkapi kupat tahunya dengan potongan bakwan goreng yang cukup kering dan renyah. Kemudian ditambahkan potongan kubis, taoge dan kerupuk, tak ketinggalan bumbu kacang racikannya yang membuat rasa kupat tahu semakin gurih dan nikmat. Jika Anda penyuka pedas pesan saja dengan tambahan cabe, dijamin rasa kupat tahu semakin nikmat dan mantap di lidah. Rasa kupat tahu racikan Pak Pangat yang manis, gurih dan pedas ini tidak ada yang menyamainya dan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya, tentu saja membuat para pelangganannya selalu balik lagi untuk memuaskan kerinduan lidah.


Semenjak puluhan tahun, kuliner kupat tahu pak Pangat ini tidak hanya digemari kaum tua, tetapi juga menjadi santapan favorit kaum muda hingga saat ini. Soal harga relatif murah, 1 porsi kupat tahu komplit saat ini hanya Rp7.000. Selain itu, tempat nyaman, pelayanan cepat, ramah dan memuaskan dan untuk minuman tersedia aneka juice buah segar. (eko)

3 komentar:

  1. saya kapok makan di situ, penjualnya sombong banget. masak krn parkiran penuh, trus parkir di depannya disuruh pindah. ya wis, say no to pangat, sak lawase

    BalasHapus
  2. Waduh, yang sabar pak


    ____
    Ads: Solusi Beli Gems Clash of Clans yang resmi & aman menggunakan kartu kredit MasterCard 1x pakai

    http://jualbeligemsclashofclans.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Kupat Tahu Mbak Tatik
    Asli Magelang
    Peris dibawah ringin Sambilegi Maguwoharjo
    Hanya 7 menit dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta
    http://kupatmbaktatik.blogspot.com

    BalasHapus

Labels