Home » » Mie Ayam Pak Yanto

Mie Ayam Pak Yanto



MAGELANG UTARA
- Sekarang ini mie telah menjadi makanan pokok ke 2 setelah beras. Hampir semua orang menyukai makanan ini, bak jamur yang mudah tumbuh dimana-mana dan tetap eksis sampai sekarang. Saat ini penjualan Mie bisa kita temui dengan banyak variasi, ada juga berjualan dengan menggunakan gerobak, tenda, warung, maupun dalam restoran-restoran. Karena hampir di semua ruas jalan dapat ditemui pedagang makanan ini.

Di kawasan kota Magelang, jika anda melintas di jalan Kapten Suparman Tuguran (sebelum universitas tidar), anda akan melihat beberapa penjual makanan dengan bangunan semi permanen. Disitu ada salah satu warung mie ayam yang menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, warung makan yang berdiri di atas trotoar itu begitu ramai pengunjung, mayoritas dari mereka datang dari kalangan pelajar. Melihat lokasi disitu dekat dengan kampus, sekolah serta tempat kost, hal tersebut mengundang seputar magelang untuk segera mencicipi makanan yang laris itu. Namanya Mie Ayam Pak Tanto, tempat ini hanya menjual mie ayam ceker saja. Jika anda sangat lapar dan tidak mau bersabar, sebaiknya sesegera mungkin anda cancel mie pesanan yang telah ada pesan itu. Pasalnya, yang memasak cuma 1 orang saja, yaitu pak Yanto sang pemilik, jadi anda harus antri terlebih dahulu.

Ketika pesanan mie ayam ceker datang, dari tampilan terlihat tak ada sesuatu yang spesial, hanya sepotong ceker ayam yang diletakkan di atas mie dengan sedikit taburan loncang iris kecil-kecil. Namun aroma sedap dari kuah kaldu ayam yang akan menggugah selera makan anda. Sekedar saran, sebaiknya jangan anda tuangkan sedikitpun kecap, saus atau sambal ke dalam mie. Cicipi dulu kuahnya dan anda akan mendapatkan cita rasa yang khas mie ayam ceker pak Yanto ini. Mengingat kandungan ketiga bahan diatas dapat merusak rasa aslinya. Namun setelah mencicipi kuah, boleh ditambahkan apapun sesuai selera. Porsi yang cukup, komposisi dan ukuran mie yang pas serta dimasak tidak terlalu matang. Soal harga anda tidak perlu khawatir, hanya 5 ribu rupiah saja, tambah ceker sepotong tinggal tambah seribu rupiah. Harga yang wajar untuk kalangan pelajar.

Bagaimana rahasia masakannya. Menurut bu Yanto, Mie ini dia ambilkan dari produksi rumahan seorang ibu rumah tangga yang sudah kerja sama selama belasan tahun. "Dari awal saya dan suami berjualan mie, kami tidak pernah menggunakan mie buatan selain yang selama ini kita gunakan," katanya kemarin.

Salah seorang pelanggan, Indro (25) mengatakan, dirinya sudah bertahun-tahun menjadi pecinta mie ayam ceker buatan pak Yanto ini. "Rasanya memang enak mas, dan tidak berubah-ubah, tadi sudah coba kan," ucapnya. Kemudian menurut pelanggan lain, Tyo (20) yang kebetulan seorang mahasiswa setempat, selama kuliah dirinya hampir setiap hari makan siang disini. "kira sudah berlangganan selama 3 semester. Selain rasanya enak, juga murah tentunya mas," ujarnya sambil tersenyum.

Nah, jika anda berkuncung ke Magelang, tak ada salahnya anda mampir dan mencoba mie ayam pak Yanto ini. (eko)

0 komentar:

Posting Komentar

Labels