Home » » Srabi Notosuman, Ny Handayani

Srabi Notosuman, Ny Handayani

Manis Dan Gurihnya Serabi Notosuman


MAGELANG SELATAN - Pernahkah anda merasakan manis dan gurihnya serabi Notosuman? Nah, serabi Notosuman ini merupakan jajanan paling terkenal dari Kota Solo. Menurut satu-satunya seorang penjual di kawasan Magelang, nama Notosuman berasal dari daerah atau kawasan tempat serabi ini banyak dijual, tepatnya di jalan Moh Yamin, Solo. Di kawasan itu berjajar beberapa toko yang menjual serabi. Namun serabi terkenal itu tidak hanya dijumpai di Solo, di Kota Magelang pun ada, "Serabi ini asal desa Notosuman mas," kata seorang penjual serabi notosuman, Sigit (35), saat dijumpai di tokonya jalan Jendral Sudirman 137, Trunan, kelurahan Magersari.

Menurutnya, serabi Notosuman yang paling banyak diminati adalah yang bermerek Srabi Notosuman Ny Handayani. Serabi inilah yang paling banyak diserbu pengunjung untuk oleh-oleh. Serabi-serabi yang nikmat ini dibuat di atas tungku, dengan pan yang terbuat dari tanah liat. Serabi ini terbuat dari tepung beras, gula, santan dan daun pandan. Rasanya yang legit akan membuat kita yang mencobanya selalu terkenang-kenang dengan kelezatannya.

Menurut ceritanya kepada seputar magelang, serabi Notosuman yang sudah melegenda ini telah berdiri sejak tahun 1923, didirikan oleh seorang warga Tionghoa, namun saat ini serabi ini dikelola oleh Handayani beserta anaknya Yohani yang saat ini berdomisili di Solo. "Kalau satu-satunya penjual di Magelang ya cuma saya mas," tuturnya kemarin.

Lebih lanjut Sigit menjelaskan, Selain Solo dan Magelang, juga dapat dijumpai di 3 kota lainnya. "Telah buka lima cabang mas, selain di Solo dan Magelang yaitu Salatiga, Klaten, Bandung dan Tasikmalaya," jelasnya.

Layaknya serabi pada umumnya, Srabi Notosuman ini juga hanya tahan 1 hari karena dibuat tanpa bahan pengawet, tetapi jika ingin menikmatinya lebih lama atau akan dibawa ke luar kota, Sigit menyarankan, mintalah yang dingin sehingga dapat tahan sedikit lebih lama.

Bagi anda yang berdomisili jauh dari pusat kota, dapat membeli Serabi Notosuman yang berlokasi di pinggiran kota ini. Disini terdapat 2 jenis rasa, yakni putih (biasa) dan coklat. Harganya Rp1.800/biji untuk yang biasa dan Rp2.000/biji untuk yang rasa coklat dengan taburan meses coklat. Pagi hari sudah buka mulai pikul 06.00 wib hingga pukul 21.00 wib.

Serabi Notosuman sangat terkenal karena rasa manis dan gurihnya, sehingga cocok untuk jajanan di rumah saat pagi hari dan juga sebagai oleh-oleh. Hanya saja, serabi ini hanya dapat tahan dalam waktu sehari saja karena bahan dasarnya terdapat santan tanpa menggunakan bahan pengawet. (eko)

1 komentar:

  1. waow di magelang ada juga to serabi notosuman khas solo. endusss banget nih jajananya.

    BalasHapus

Labels