Home » » Nasi Lesah Makanan Khas Magelang

Nasi Lesah Makanan Khas Magelang



Di Kabupaten Magelang terdapat satu menu kuliner yang bernama nasi lesah. Nasi yang terdiri campuran sayur sayuran disiram perpaduan kuah kaldu ayam dan santan. Menu kuliner yang hampir sama dengan soto tersebut sekarang ini susah untuk ditemukan.

Nasi lesah, begitulah namanya. Tidak banyak orang yang tahu tentang menu kuliner khas Magelang ini, bahkan orang Magelang sendiri. Penjualnya pun sekarang ini bisa dihitung dengan jari. Namun, menu kuliner yang terkenal lezat dan murah ini dapat ditemukan di Desa Tanjungsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.


seporsi nasi lesah (google image)

Secara sekilas, nasi lesah hampir mirip dengan soto. Yang membedakan, terletak pada kuahnya. Nasi lesah menggunakan kuah campuran santan. Selain itu jika anda membeli soto pasti disajikan dalam mangkok. Namun nasi lesah cukup disajikan dalam piring.

Salah satu pembeli, Ambarwati mengaku  walau kuahnya terlihat keruh karena ada santannya, rasa nasi lesah cukup gurih. Meski terdapat santan rasanya pun tidak eneg.

Penjual nasi lesah, Sulimah mengaku sudah sepuluh tahun menjual nasi lesah ini. Nenek enam cucu in hanya meneruskan tradisi keluarga yang telah berpuluh tahun menjual menu kuliner khas Magelang ini.

Proses penyajian nasi lesah ini pun sangat sederhana. Pertama, nasi  putih dicampur dengan irisan kubis, wortel, daun seledri serta kecambah. Selanjutnya, nasi lesah disiram kuah santan kaldu dan nasi lesah pun siap dihidangkan.

Untuk satu porsi nasi lesah ini sangat terjangkau yakni enam ribu rupiah saja. Warung buka mulai dari pukul 07.00 hingga 15.00 sore. Setiap harinya warung ini mampu menjual 50 porsi nasi lesah. Nah, jika anda sedang melintas di Magelang tak ada salahnya untuk mampir menikmati nasi lesah.

Sumber 

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Makanan khas magelang yang enak

    Ads: Solusi Beli Gems Clash of Clans yang resmi & aman menggunakan kartu kredit MasterCard 1x pakai

    http://jualbeligemsclashofclans.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Fantastic stuff. Top notch information. Keep up the great work mate

    BalasHapus
  4. artikelnya bagus, ijin share di https://ksmtour.com , terimakasih

    BalasHapus

Labels