Home » » Menengok Jajanan Pasar di Magelang

Menengok Jajanan Pasar di Magelang


MAGELANG - Jajanan pasar merupakan salah satu makanan khas daerah yang kini semakin sulit ditemukan. Jajanan pasar terdiri dari segala jenis makanan, terutama kue basah, yang dijual di pasar tradisional. Di sejumlah daerah, keberadaannya mulai tergusur oleh maraknya toko kue (bakery) yang menyajikan berbagai macam kue modern dengan daya tahan kue basah yang jauh melebihi jajanan pasar.

Namun, di kota Magelang ini jajanan pasar masih banyak diminati. Terbukti dari ramainya pembeli di tempat jualan milik Basar yang terletak di pasar penampungan samping kiri Giant Supermarket (seberang SMK Wiyasa), jajanan pasar dan aneka roti ini tak pernah sepi pembeli, hingga ibu yang berumur lebih dari 60 tahun ini di bantu oleh 3 hingga 4 karyawan untuk melayani pembeli.

Jajanan pasar disini bisa dibilang terkomplit di kota Magelang, mulai dari Tiramizu, risoles, dadar gulung, klepon, wajik, aneka bolu kukus, bolu lapis, brownis, aneka roll cake, pastel sayur, agar-agar lapis, gondang gandung, onde-onde, nogosari, tahu daging, roti pisang, lemper, arem-arem dan masih banyak lagi jenis jajanan yang lain.

Menurut pemilik, dia tengah berjualan jajanan pasar ini sejak tahun 1985 di pasar Rejowinangun. “Sejak tahun 1985, saya sudah berjualan berbagai macam jajanan pasar, hampir semua jenis jajanan yang saya jual ini adalah produksi rumahan warga magelang dan saya hanya menjual, namun ada beberapa jenis yang dibuat saya dan anak saya,” terangnya saat berjualan kemarin. Masih menurutnya, meskipun para pembuat jajanan-jajanan ini telah berganti-ganti tangan, namun dirinya tetap konsisten menjual makanan khas daerah ini.

Nah, jika anda kangen atau ingin sekedar bernostalgia dengan mencicipi jajanan-jajanan pasar ala warga Magelang ini, namun bingung mencari penjual, anda dapat langsung menuju ke warung yang terletak di jalan Tidar ini, Samping kiri Giant supermarket, kira-kira berjarak tempuh 10 menit dari pusat kota (alun-alun) dan warung ini buka setiap hari kecuali pas hari lebaran. (eko) 

2 komentar:

  1. Giant itu didepan RSU yak. Diperantauan gak akan nemu yg begini nih..

    BalasHapus
  2. Saya tu pengen jualan kaya gitu untuk tambah pemasukan bantu suami gmn ya crnya

    BalasHapus

Labels